Thursday 10 November 2016

Cara Efektif Hilangkan Ketakutan


Banyak kegagalan hidup ini  sehingga tidak tercapainya impian dan cita-cita adalah salah satunya  faktor Ketakutan yang sudah melekat pada setiap individu manusia..Dan inilah yang menarik tentang ketakutan kita. Apa yang kita takuti tidak semuanya  hal yang kita pikir kita takut. Ini adalah perasaan yang kita miliki yang berkaitan dengan hal yang kita takuti.
Mungkin kita enggan menyebut dan mengakuinya secara langsung bahwa kita takut, tapi itulah dia. Kita sering terlalu merisaukan hasil buruk bila kita mencoba sesuatu yang baru yang ingin kita lakukan walaupun akhirnya tidak demikian..
Pada dasarnya ketakutan itu hanyalah perasaan yang tanpa alasan mendasar dalam kenyataannya. Kebanyakan dari ketakutan adalah seperti itu, yaitu perasaan yang tak dapat kita taklukkan malah menaklukkan kita, perasaan tanpa jelas pangkal dan ujung  sesuai ataupun tidak dengan  kenyataan.
Berikut ini adalah contoh dari apa yang saya maksud. . .
Banyak orang yang merasa takut berbicara didepan khalayak ramai misalnya. Mengapa demikian? Karena gugup mungkin akan terlihat buruk atau terlihat tidak menarik, orang mungkin menilai saya atau berbicara di belakang saya  nantinya.
Tetapi sebenarnya, ketakutan itulah yang menghantui dan bahkan ketika ada yang melakukan apa yang saya cemaskan, seperti berbagai pertanyaan akan muncuk di benak saya  seperti bagaimana jika saya gagal…? dan lain sebagai nya, justru mereka tidak menyebabkan kecemasan sebanyak persepsi dan perasaan saya alami tentang situasi demikian.
Bagi siapa saja yang menderita akibat rasa takut dan kecemasan dan mulai lelah olehnya, saya tahu ini terlihat gampang diucapkan daripada dilakukan. Saran saya, belajarlah terus dan terus tanpa mengenal lelah sampai perasaan itu sirna…!
Berikut adalah beberapa tindakan praktis untuk menghilangkan rasa takut terhadap sesuatu yang akan anda lakukan dalam hidup Anda:
  1. Kesadaran. Hanya mengetahui bahwa sebagian besar dari ketakutan Anda tidak berdasar dapat memberdayakan Anda. Lihatlah ketakutan Anda sudah di masa lalu. Apakah situasi Anda takut terjadi atau benar-benar lemah Anda? Sebagian besar waktu jawabannya adalah “tidak.”
  2. Membunuh akar. Menggali lebih dalam untuk akar penyebab ketakutan Anda. Setelah Anda mengisolasinya, bersinar terang penyelidikan di atasnya. Apakah ini benar? Sebagian besar peristiwa atau situasi yang pertama menyebabkan ketakutan kita sudah lama berlalu atau tidak lagi relevan.
  3. Temukan fakta-fakta. Kadang-kadang meneliti fakta-fakta tentang sesuatu yang Anda khawatir akan membuat ketakutan lebih mudah dikelola. Saya kehilangan seorang teman untuk kanker ovarium dan mulai takut bahwa saya akan mendapatkannya juga. Kemudian saya meneliti statistik pada mendapatkan itu dan melihat peluang saya sangat kecil. Aku terus statistik tersebut berguna ketika ketakutan merayap kembali masuk.
  4. Bersiaplah. Jika Anda takut sesuatu seperti berbicara di depan umum atau melakukan presentasi, apapun yang memerlukan persiapan, kemudian melakukan persiapan. Jadilah lebih siap. Praktek. Tidak ada obat takut seperti menjadi siap.
  5. Bernapas. Ketika Anda merasa gejala-gejala ketakutan (jantung berdegup kencang, gelisah, dll), membutuhkan 5 menit untuk melakukan pernapasan lambat dari sanubari  Anda. Ini akan membantu menenangkan tubuh dan pikiran.
Dengan demikian takut tidak harus menguasi Anda. Karena anda memiliki kehidupan yang luar biasa hanya saja diselimiti oleh rasa ketakutan. Lakukan segala daya Anda untuk menendang takut, kuat sekuat-kuatnya. Jangan biarkan itu menghalangi Anda dan segala yang dimaksudkan untuk dicapai dan dinikmati dalam hidup ini. Masukan strategi ini dalam praktek setiap hari, dan Anda akan melihat ketakutan menguap di depan mata Anda! Selamat Mencoba Semoga Berhasill


3 komentar


EmoticonEmoticon