Friday 31 March 2017

3 LANGKAH SCAN DATA DAN KONVERT FILE KE DALAM FORMAT PDF


Asamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kemajuan teknologi sekarang memang patut diacungi jempol berkat nya banyak kemudahan yang kita dapatkan salah satunya bagian elektronik

Sekarang identik dengan online yang serba cepat mulai dari daftar kuliah atau universitas, daftar pekerjaan ataupun daftar perpanjakan dan berbagai file lain sebagainya.

Akurasinya harus sangat cepat dengan teknologi kekinian dan sangatlah mudah tinggal klik login,scan data, upload file, konvert file dan file pdf....! 

Baca juga : Microsoft Word
Baca juga : Mikrosoft Excel (Sembunyikan data khusu pada excel)
Baca juga : Mikrosoft Excel (Mencari data yang sama (Duplicat)


Nah disini kita akan membahas 3 LANGKAH SCAN DATA DAN KONVERT FILE KE DALAM FORMAT PDF dengan lebih mendalam.

Biasanya kita kurang mendalami dan mempelajari tentang scan data, konvert file dalam format pdf dan upload file setelah file dikonvert ke pdf yakan...he..he....

Karena ada berbagai macam aturan tentang mendaftar pada instansi tertentu atau terkait yang dikeluarkan berbeda beda yaitu mulai dari scan data dan konvert ke format file ke dalam JPEG, scan data dan konver fil3 ke format PDF, dengan kapasitas hasil scan data dan konvert file ke dalam pdf untuk di upload < 200 kb misalnya atau pun ada scan data dan konver file yang di upload di bawah 500 kb dan lain sebagainya.

Tapi tenang saja kita akan membahasnya masalah scan data dan konvert file apalagi konvert file ke dalam Pdf dengan lebih terperinci dan bersama-sama, mari kitak simak lagi ya....!

Kalau dulu banyak yang scan data dan konver file baik itu format pdf, format jpeg, format png dengan menggunakan jasa scaner tempat foto kopy yang tersebar dimana-dimana, dan so pasti kita harus membayar uang tambahan lagi untuk jasa scan data dan konvert file ke dalam pdf atau kita bisa scan data dan konvert file ke format pdf dengan menggunakan printer sendiri yang dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih yaitu scaner, ya otomatis kita harus punya printer atau scaner sendiri tentunya.

Pada masa moderen seperti sekarang ini kita tidak lagi direpotkan seperti hal di atas karena kenapa sekarang teknologi serba canggih dan multi fungsi. Salah satu adalah HP Android atau smartphone yang bisa untuk hal-hal di atas. Caranya pun cukuplah mudah tinggal 3 langkah untuk menscan data dan melakukan konver kedalam file apapun termasuk pdf.

1. Sebagai pengganti printer yang dilengkapi fitur scaner ataupun scaner data untuk konvert file ke dalam format kita gunakan fasilitas photo pada hp Android .he...he

Caranya cukup gampang ambil gambar photo penuh dengan HP android yang kualitas high atau kualitas tinggi. Fungsinya agar gambarnya tidak pecah ketika di zoom atau dibesarkan. Kemudian simpan gambar tersebut ke HP lalu pindahkan data tersebut kedalam komputer pc, lactop ataupun notebook.

2. Buka komputer PC atau lactop ataupun notebook, dan cari file yang tadi kita simpan dari HP Android tadi.

Nah sampai Disini, open Mikrosoft Word dan klik new atau pilih file klik New. intinya yang kita lakukan adalah membuka lembar kerja baru pada mikrosoft word untuk melakukan scan data dan konver file ke format yang kita pilih salah satunya adalah Pdf.

Copykan Scan data atau data file dari android tadi dan pastekan ke lembar kerja Mikrosoft Word tadi dan kira- kira seperti gambar dibawah ini



Kalu gambarnya sudah tampilkan di lwmbar kerja mikrosoft word tadi maka selanjutnaya Pilih File atau gambar mikrosof di pojok kiri paling atas dan klik kiri (enter) lalu Pilih Save As pilih PDF dan jangan lupa beri nama file dan simpan, Cek scan data dan konvert file ke dalam format pdf btelah berhasil ila langkah benar maka akan berhasil.

Tunggu dulu, kita masih ada lagi yang belum kita bahas yaitu besarnya kapasitas gambar atau file misalnya di bawah 300 kb kalau hasil nya kurang dari 300 kb tidak jadi masalah.....trus gimana kalau scan data dan konvert file kita lebih dari yang ditentukan bisa berabe kan.

Jangan beranjak dulu kita simak ya dikit lagi...

3. Buka file tadi JPEG

Sebelum di konversi ke pdf ya.......open gambar yang dikirim dari Hp Android sebelum diedit dengan menggunakan window Photo Viewer dan klik Open dengan Mikrosof office Meneger lalu klik edit picture dan akan muncul panel di sebelah kanan.

#Pilih RESIZE atau

Resize ini Untuk mengompres file dengan ukuran piksel gambar atau persen gambar semakin besar persennya maka kapasitas gambarpun semakin besar begitu juga sebaliknya.

#Pilih Comprese Picture

Comprese Picture ini adlah mengkompres gambar dengan atau patron seperti Dokumen biasa, web browse dan Email mesege. tinggal kita mw memilih yang mana dilhat perbandingan......

Setelah memilih agar di kompres untuk keperluan diatas jangan lupa tekan simpan kalau ingin an konvert file ke pdf yang kita robah tadi terupdate dengan yang terbaru....

Nah itu ilmu yang dapat saya share semoga bermamfaat dan pintarbuat.blogspot.com selalu berjaya.

Amin ya rabbal Alamin.


EmoticonEmoticon