Friday 24 March 2017

CARA DAFTAR EMAIL YAHOO DAN GMAIL DENGAN SATU KLIK



Sejarah & pengertiannya



Awal kisah sehingga ada surat elektronik yang kita kenal sekarang dengan Email yaitu tahun 1968  pada satu perusahaan yang dikenal dengan nama OLT BREAK DAN NEWMAN (BBN). Perusahaan OLT BREAK DAN NEWMAN (BBN) Menjalin kontrak dengan Departemen Pertahanan AS untuk membuat sesuatu jaringan disebut-sebuat sebagai  ARPANET yaitu Advanced Research Projects Agency Network, dan sekaran berubah nama menjadai INTERNET. ARPANET atau Advanced Research Projects Agency Network bertujuan untuk merakit sebuah perangkat sebagai media komunikasi ANTARA Institusi Militer, Pendidikan, dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh pihak militer di masa itu.


namu pada 1971, Insinyur Bernama Ray Tomlinson  yang bertugas membuat sebuah project disebut SNDMSG. Program SNDMSG sudah ada beberapa tahun yang silam.program tersebut  bisa dikatakan agak ketinggalan zaman, bagaimana tidak program ini hanya memungkinkan kita untuk saling mengirim pesan satu sama lain yaitu para pengguna membuat dokumen (surat elektronik) dan akan dikirim ke pengguna lain dengan pengguna mesin yang sama.

Tahun selanjutya yaitu 1972, Ray mengenalkan ikon '@' Identitas sebagai e-mail untuk review memisah ID Pengguna dengan Domain yang digunakan oleh alamat e-mail, biasa di katakan dengan "At" Yang Berarti "di" ATAU "PADA". 

Komponen Email

Nama Email atau Surat Elektronik terdiri dari beberapa bagian Selain Kata "At" atau tanda "@" yang menjadi penengah tanda emai yahoo maupun Gmail diantaranya.

Disebelah kiri tanda "@" disebut ID Pengguna atau dengan kata lain User Id, ini menunjukkan sebagai identitas pengguna juga pemilik email tersebut. User Id bisa berupa nama pemilik, nama kesukaan, nama singkatan dari nama pemilik itu sendiri atau apapun yang diinginkan oleh pemilik nya (pengguna Email), sebelum lambang "@". Dengan catatan tidak boleh terputus spasi.

Disebelah kanan tanda "@" disebut sebagai nama domain atau hostname yang digunakan sebagai identitas tempat email yang kita gunakan bisa juga nama server / tempat penyimpanan data atau dengan bahasa lain tempat nama database di simpan atau digunakan.


Antara Yahoo Mail dan Gmail keduanya sama berfungsi sebagai Email yang di kelola oleh dua perusahaan raksasa dan keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing. 

Namun kita tidak membahas tentang kelebihan atau kekuranan akun gmail dan yahoo mail, tapi kita akan membahas lebih detil tentang cara daftar akun yahoo mail dan gmail....untuk lebih jelasnya mari kita baca beberapa cara dibawah ini:

Melakukan Daftar Yahoo Mail


Klik link ini: https://login.yahoo.com/ maka ada akan mendapati halaman baru Newtab yang berisikan formulir tempat pengisian biaodata untuk kita mendaftar akun email yahoo seperti yang nampak dibawah ini:



Setelah kita selesai mengisi data pribadi seperti yang tampak pada formulir tadi mulai dari nama depan dan belakang hingga ke nomor hp harus lengkap. Dan penting untuk diingat bahwa namor hp ini akan berkenaan dengan pasword langsung, bagaiman tidak ketika kita lupa akan pasword akan langsung dikirim ke nomor hp yang kita daftar tadi, jadi harap mendaftarkan nomor hp yang aktif atau yang masih berfungsi.

Setelah semua siap dan betul kita isi dengan benar kemudian klik buat Account serta perhatikan apakah ada tanda berwarna merah, jika ada segera perbaiki seperti yang dianjurkan untuk memproses data yang kita isi. jika benar akan muncul formulir verifikasi selanjutnya  seperti berikut ini.



Nomor hp yang kita daftarkan tadi akan dikirim kode verifikasi silahkan isi kode verifikasi tersebut ke kolom yang ditentukan dan klik kirim kode. jika yang anda masukkan kodenya dengan benar maka akan tampilkan form sukser atau berhasil seperti ini...


untuk pendaftarannya sudah siap dan anda klik Persiapan Awal untuk melanjutkan menggunakkanya, tapi jangan khawatir kita cuma klik lompati saja dan alhamdulillah hasil kerja kita dari tadi sudah siap digunakan. Namun harus kita ingat bahwa ketelitian sangat dibutukan dalam proses pengisian formulir pendaftaran akun email yahoo ini......

Nah mudah bukan caranya, asal ada kemauan pasti ada jalan...oia hampir lupa kita juga akan membahas tentang cara daftar Gmail, apakah sama caranya. tentu tidak karena antar yahoo dan gmail adalah perusaan yang berbeda jadi pembuatannyapun beda serta settingnya juga beda tapi jangan takut kita akan sama-sama membahasnya yuk..........

Baca juga : Cara buat email di gmail

Bagi yang bahasanya mungkin kurang jelas maklum lagi galau he...he harap memberi komentar dibawah ini sudah disediakan semoga bermamfaat bagi penulis dan kita semua.


EmoticonEmoticon