Wednesday 23 November 2016

Perawatan rantai sepeda motor agar awet






Perawatan rantai sepeda motor agar tetap Awet merupakan keinginan semua pengguna motor bagaimana tidak memiliki motor adalah anugerah tuhan atas kemudahan yang diberikan kepada pemiliknya. hal ini dapat di lihat dari segi kuantitas dan kualitas orang tersebut. Banyak orang yang memiliki kelebihan di finansial perawatan tidak jadi masalah bagaimana jika sebaliknya.


Berbicara masalah perawatan tidaklah sembarangan dilakukan, jika modal nekat serta tidak direkomendasi oleh para ahli atau pakar dibidangnya bukannya membuat awet justru akan memperburuk keadaannya.

Nah untuk itu, Jangan sekali-kali mengabaikan perawatan pada setiap bagian sepeda motor yang kita tunggangi khususnya pada bagian rantainya yang merupakan komponen penting dalam proses bergeraknya roda sepeda motor, maka diperlukan juga sebuah perawatan yang benar-benar khusus supaya rantai motor bisa tetap awet dan tahan lama sehingga kecelakaan rantai lepas dari gear atau bisa jadi rantai terputus di jalan tidak terjadi. bila rantai anda terputus kan bisa membahayakan diri anda maupun orang lain . dan berikut saya berikan Tips Terbaru Merawat Rantai Motor Agar Tetap Awet. simak dan lakukan 


  • Cek Kondisi Rutin Kondisi Rantai 
Langkah terbaik ialah memeriksa kondisi rantai apakah terasa kendur atau tidak, serta lakukanlah penyetelan dengan cara menyetel rantai dengan jarak antara 8 - 11 mm. ini bisa di lakukan di bengkel - bengkel pinggir jalan tetapi biar aman , lakukan di tempat service 
motor anda yang sudah anda percayai. 
  • Bersihkan rantai secara berkala 
pembersihan rantai secara berkala ini penting. Dalam proses ini bisa dilakukan dengan menggunakan cairan khusus, minyak tanah atau bensin, atau bisa juga dengan cairan diterjen dengan menggunakan sikat atau kuas agar kotoran debu yang menempel pada rantai akan terkupas. 
  • Gunakan pelumasan rantai 
ini titik poin yang memang benar benar penting, karena mayoritas pengguna motor tidak mengetahui caranya.
  1. JANGAN PERNAH MELUMASI RANTAI DENGAN OLI BEKAS, KARENA KITA TIDAK PERNAH TAHU ADA PARTIKEL APA YANG TERKANUNG DALAM OLI BEKAS TERSEBUT. BISA SAJA ADA SERBUK-SERBUK BEKAS YANG BERASAL DARI MESIN YANG BISA MERUSAK RANTAI JUGA KOMPONEN YANG BERHUBUNGAN DENGAN RANTAI.

  2. JIKA INGIN MELUMASI MENGGUNAKAN OLI MAKA GUNAKAN LAH OLI BARU DENGAN TINGKAT KEKENTALAN ATAU SAE 80-90.(seperti gambar dibawah)
  3. NOT: JIKA LANGSUNG DILUMASI TANPA DIBERSIHKAN DULU RANTAINYA MAKA KOTORAN AKAN SEMAKIN MENEMPEL DAN MERUSAK RANTAI.  *Sumber dari Technical Service Division Astra Honda Motor (AHAS).

Memang tidak banyak yang kami berikan kepada anda tentang Cara Merawat Rantai Motor Agar Tetap Awet. setidaknya bisa menjadi sedikit referensi untuk anda yang sekarang ini suka banget modifikasi motor. oh ya, jangan lupa untuk like dan share ya. terima kasih.


EmoticonEmoticon