Thursday 27 April 2017

13 AMALAN PADA BULAN SYAKBAN ALA RASULULLAH SAW

Pada suatu ketika datanglah sahabat Rasulullah SAW yang bernama USAMAH BIN ZAID, kemudian bertanya kepada Rasulullah SAW tentang bulan syakban yang sangat diridhai Allah SWT.

"Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu memperbanyak berpuasa selain pada bulan Ramadhan kecuali pada bulan syakban ?, kemudian Rasulullah SAW menjawab pertanyaan sahabat; itu bulan dimana manusia melupakan, yaitu diantara Rajab dan Ramadhan. Dibulan syakban  ini segala perbuatan dan amal baik diangkat kepada Tuhan seru sekalian alam, maka ketika amalku diangkat maka aku dalam keadaan berpuasa" (HR. Abu Dawud dan Nasa'i ).

Baca Juga : 14 Amalan dan Zikir Pada bulan Ra'jab

Maka dari itu pintarbuat.blog akan menyajikan 13 amalan pada bulan syakban ala rasulullah SAW yang di praktekan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan hadist shahih yang diriwayatkan.

Baca Juga : Allah akan mengabulkan semua doa hambanya

1. Memuliakan datangnya bulan syakban niscaya Allah SWT akan memuliakan hambanya dengan seribu kemulian pada hari Qiamat kelak.

Allah SWT sangatlah menyuruh hamba-hambanya agar selalu bertaunat kepadaNya, begutu juga halnya denga bulah syakban atau denga kata lai adalah bulan haram sebagai bonus untuk ummat nabi Muhammat di akhir zaman sebagaimana:

Firman Allah : "Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syiar-syiar Allah SWT, dan jangan pula melanggar kehormatan bulan-bulan haram QS. Al-Maidah  ayat 2"

begitu juga dengan hadist Rasullullah SAW 

Hadist  : "Bulan Ra'jab adalah Bulannya Allah SWT, syakban Adalah Bulanku (Rasulullah SAW) dan Ramadhan Adalah bulan Untuk Ummatku";

2. Bertaubat kapada Allah SWT dengan sebenar-benar taubat karena Allah akan mengapunkan dosa hambanya semuanya.

Ulama berpendapat bahwa terdapat keutamaan yang khusus untuk malam nisfu syakban sepeti hadist berikut;

"sesunggunya Allah melihat pada malam pertengahan syakban. maka allah akan mengampuni semua mahkluknya, kecuali orang-orang yang musrik dan orang-orang yang bermusuhan ( HR ABU MUSA Al-AS'ARI Radhiallahuanhu).

3. Memperbanyak puasa sunnah.

Ahklak Rasulullah yang sehari-hari sangatlah identik dengan berpuasa seperti yang diriwayatkan bahwa Sahabat Nabi Usamah bin Zaid.ra berkata kepada Nabi SAW, 

“Ya Rasulullah, aku belum pernah melihat engkau berpuasa di bulan lain lebih banyak dari puasamu di bulan Sya’ban.” (HR Ahmad dan Nasai – Sunah Abu Dawud).

4. Bersedaqah dengan sebanyak-banyaknya dengan lapang dada dan ihklas.

Bersedakah pada bulan syakban sangatlah banyak pahalanya walaupun yang kita berikan cuma setengah biji kurma karena dengan itu saja Allah SWT akan mengharamkan badan kita dari api neraka jahannam. 

Sabda Rasululla SAW 

"Mengapa kalian lupa dengan bulan syakban, sahabat bertanya ya Rasulullah Apakan Amalan terbaik pada bulan ini maka Rasulullah Berkata Bersadakah dan istiqfar."

5.Membayar hutang puasa atau menggantikan puasa yang tinggal terdahulu dengan alasah yang dibenarkan oleh syar'i.

6.Memperbanya melakukan amal shalih.

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa 


Rasulullah SAW bersabda,

 “Jika malam Nishfu syakban tiba, maka shalatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah turun ke langit dunia dan berkata, ‘Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku menyelamatkannya, adakah yang begini (2x), demikian seterusnya hingga terbitnya fajar.” (HR Ibnu Majah)
7. Perbanyaklah berdoa kepada Allah SWT untuk memohon ampunanNya.

8. Berpuasa pada hari nisfu syakban karena malam nisfu syakban  dikenal dengan nama LAILI BARAQAH atau malam yang penuh barakah.

9. Rasulullah bersujud terlalu lama dalam shalat pada saat nisfu syakban (yaitu malam dimana Allah SWT mengangkat amal manusia kehadapa Allah SWT dimanapun berada.

10. Perbanyaklah Ibadah Shalat Sunnah.

11. Memperbanyak membaca kitab suci Al-quran.

Berkata Salamah bin Suhail,

"Telah dikatakan bahwa bulan 
syakban itu merupakan bulannya para qurra' (pembaca Al Qur'an)."

Dan adalah Habib bin Abi Tsabit apabila masuk bulan 
syakban dia berkata,

"Inilah bulannya para qurra'."

"Dari 'Amr bin Qais Al-Mula'i apabila masuk bulan 
syakban dia menutup tokonya dan meluangkan waktu (khusus) untuk membaca Al-Qur'an."
12. Rasulullah melarang untuk berpuasa sehari atau 2 hari terakhir pada bulan syakban.

13. Memperbanyak membaca Shalawat kepada junjungan alam yaitu kepada Rasulullah SAW.

pintarbuat.blog telah mencoba merangkumkan walaupun tidak begitu lengkap, karena hanya penjelasan global saja jikalau nantinya ada yang kurang jelas atau ada yang ingin berbagi informasi kepada pembaca lain bisa tinggalkan komentar dibawah ini semoga kebaikan yang kita lakukan pada bulan ini dirdhai oleh Allah SWT.

Demikianlah semoga bermamfaat. amin ya rabbal alamin.


EmoticonEmoticon